Sungai Penuh.Madrasah Aliyah Negeri Kemantan Darat Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi  merupakan salah satu  dari 6 Madrasah Aliyah Negeri yang tertua di Propinsi Jambi, dan MAN Kemantan Darat  sejak awal telah memiliki komitmen untuk  meningkat kwalitas dan mutu  SDM para peserta didik
  Hal ini di sampaikan  Drs. Andi Suyub,M.PdI Kepala Madrasah  Aliyah Negeri- Kemantan Darat dalam wawancara singkat bersama wartawan media ini di MAN Kemantan Darat Kemaren, MAN Kemantan Darat Kabupaten Kerinci (Persiapan MAN 1 Kerinci)  adalah  Madrasah Negeri setara dengan SMA/SMK (sederajat) yang berciri khas Agama  Islam
Pada tahun pelajaran 2015-2016,MAN Kemantan Darat Kabupaten Kerinci memiiki 276 orang siswa 42 orang guru PNS dan  18 orang guru honorer, sedangkan  jumlah Rombongan belajar  sejumlah 11 Rombel, dan idealnya  untuk kenyamanan proses belajar dan  mengajar setidaknya di butuhkan 16 Rombongan Belajar, sementara itu kondisi sarana dan prasarana laboratorium praktek  bagi siswa  masih sangat terbatas terutama peralatan laoboratorim, dan ini belum termasuk sarana prasarana  pengembangan diri bercirikan madrasah  masih belum memadai dan secara bertahap pihak sekolah terus berupaya untuk meningkatkan kwalitas sarana prasarana belajar termasuk sarana pengembangan diri bagi perserta didik” Kata Andi Suyub,M.PdI
Salah satu contoh  fasilitas laboratorium yang belum memadai adalah laboratorium Computer, dan untuk  mengatasinya  maka kita melakukan upaya Laboratorium bergerak dengan membawa media pembelajaran peralatanan komputer ke dalam ruangan kelas.
Menjawab Pertanyaan wartawan media ini Andi Suyub,M.PdI dengan nada diplomatis  mengungkapkan bahwa MAN Kemantan Darat adalah salah satu MAN Tertua yang ada di alam Kerinci, sebelum  dinegerikan  embrio Madrasah ini adalah alih nama dari MAAIN menjadi MAN Sungai Penuh I di Kemantan dan pada  masa berikutya  berubah nama menjadi MAN Kemantan Darat, yang jelas MAN Kemantan Darat  merupakan salah satu MAN Paling Tua di Propinsi Jambi dan  dinegerikan  pada tahun 1971.
Diakui atau tidak MAIANN  adalah cikal bakal dari MAN Kemantan Darat,namun terlepas dari  mana  MAN  Yang paling tua di alam Kerinci ,yang paling penting pihak sekolah dengan segenap kemampuan dan sumber daya yang ada terus berpacu  untuk  meningkatkan mutu dan prestasi agar mampu sejajar dengan  Madrash Aliyah Negeri yang ada  di daerah daerah lain dalam propinsi  Jambi dan tidak ketinggalan jauh dari  Madrasah Aliyah yang ada di Nusantara”Ujar Andi Suyub,M.PdI”.
Untuk mewujudkan impian  dan harapan  menjadi MAN  seperti yang di harapkan oleh banyak pihak, maka  kita telah memiliki Visi dan Misi MAN Kemantantan Darat, Visi kita adalah ”Terwujudnya Madrasah yang Mampu Menyelenggarakan Pendidikan Berkualitas, Bersih, Ekonomis, Kokoh, dan Bernuansa Islami”
Sedangkan Misi  MAN Kemantan Darat ialah Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu, Ekonomis,  dan Berbudaya    Lingkungan,Pengelolaan Struktur, Manajemen, dan Sumber Daya      Madrasah yang  Bersih Berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi,Pembekalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Pribadi Peserta Didik dengan Pengetahuan Agama Islam, Pendidikan Umum, dan Keterampilan,Penyelenggaraan  Program Konsentrasi Kelas Unggul, Bidang Pendidikan Agama, dan Pendidikan Umum dan Pengintegrasian Pengelolaan Pendidikan Agama Islam dan Umum Berbasis Ciri Khas Madrasah sedangkan Motto MAN Kemantan Darat ialah “ Berkualitas” yakni  (Bersih, Kompak, Unggul, Amanah, Loyal, Islami, Taat, Adil, dan Santun )
Meski   sarana dan prasarana belum lengkap , alhamdulillah saat ini MAN Kemantan Darat memiiki  sarana Praktik Laboratorium yang mencakup: Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab), IPA, Komputer, dan PAI ,selain itu MAN Kemantan Darat  secara rutine melaksanakan praktek praktekibadah yang di ajarkan  kepada semua siswa MAN, diantaranta praktik Ibadah  itu antara lain Shalat Wajib/ Sunat, do’a, Hafalan Surat Pendek, baca-tulis dan hafal qur’an, yang dilakukan dalam lingkungan sekolah.
Sampai tahun ini pelajaran 2015-2016 MAN Kemantan Darat (Persiapan MAN 1 Kerinci) mengelola 3 program Pendidikan yaitu: Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Program Unggulan Bidang Penidikan Agama Islam Berbasis Ciri Khas Madrasah”Ujar Andi Suyub,M.PdI”.
Dan MAN Kemantan Darat  melaksanakan kegiatan belajar dan  mengajar sesuai dengan kurikulum Pendidikan yang digunakan: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kurikulum Lokal yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Madrasah, memuat Pendidikan Umum dan Pendidikan Agama dengan Komposisi 70% : 30%. Muatan lokal fokus Keterampilan Keagamaan, dikolaborasikan dengan  Ketrampilan Umum, antara laini: Seni Budaya dan Olah Raga dan MAN Kemantan Darat  mengembangkan  Sumber Daya Manusia dengan perpaduan Intelectual Question (IQ), Emosional Question (EQ),
Sebagai  Lembaga Pendidikan yang bercorak keagamaan MAN Kemantan Darat Kabupaten Kerinci  melaksanakan  berbagai aktifitas ekstra kulikuler  dengan melaksanakan kegiatn Keorganisasian dan Leardership, Tartil Qur’an, Tilawah,Kaligrafi,Pahmil Quran,Syarhil Qur’an, UKM, PMR,Kepramukaan ,olah raga  dan sejumlah kegiatan lain yang dapat menumbuh kembangkan minat ,kreatifitas dan kemmpuan individual para peserta didik”Imbuh  Drs.Andi Suyub,M.PdI .
Menariknya Lembaga Pendidikan madrasah Aliyah Negeri Kemantan Darat  memiliki daya tarik tersendiri dengan melakukan berbagai ketentuan dan memberikan bonus motivasi antara lain  bagi calon siswa yang mendaftar  di MAN Kemantan Darat  maka bagi pendaftar 25 (dua puluh lima) orang Pertama, Siswa Prestasi Rengking 5 (lima) Besar di SLTP Asal dan memenuhi persyaratan lulus, diberikan bonus satu stel Baju Kaos Olahraga dan Dasar Baju Batik, selain itu  Pendaftar 25 (dua puluh lima) orang ke-II dan memenuhi persyaratan lulus, diberikan bonus satu stel Baju Kaos Olahraga ,Pendaftar 25  (dua puluh lima) orang ke-III dan memenuhi persyaratan lulus, diberikan bonus hanya Dasar Baju Batik Siswa, dan  Pendaftar 25 (dua puluh lima) orang ke-IV, diberikan bonus 1 (satu) kodi buku tulis
Buvari R.Temenggung Tuo penulis Buku Sejarah dan Kebudayan Suku Kerinci/Penerima Anugerah Kebudayaan Tingkat Nasional  dan  Nasir,M.Budayawan Alam Kerinci/ tokoh masyarakat Kemantan Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci dalam diskusi  di Kemantan Kebalai  Rabu 27/1 mengemukakan  bahwa Wilayah Kemantan dalam Konstelasi sejarah dan adat alam Kerinci termasuk perkembangan agama Islam telah dikenal luas dan memegang peranan yang cukup penting, beberapa tokoh tokoh adat dan tokoh ulama lahir dan dibesarkan di Kemantan, diantara ulama ulama asal Kemantan terdapat nama Tengku Hasan, Dr.H.Ismail Thaliby,MA,Tengku Harun Saleh, Drs. H. Syafi’i.MI. H. Harun Srak, H.Umar Ali ,Drs.H.M.Zahari,Depati dan beberapa orang cendekiawan muslim lainnya
Menurut Buvari R.Temenggung Tuo Salah satu tokoh ulama terkemuka asal Kemantan tercatat  KH.Thaib Karim, beliau merupakan pejabat penegak hukum/Jaksa  pertama di alam Kerinci,sebagai aparat penegak hukum beliau dikenal santun dan tegas dalam menegakkan hukum dan keadilan, dimasa mudanya  hingga wafat KH.Thaib Karim lebih banyak berada di luar alam Kerinci,sebagai Jaksa beliau telah melaksanakan tugas di Kejaksaan Tinggi Denpasar dan Jaksa Tinggi di Pengadilan Tinggi DKI.
KH.Thaib Karim adalah Pengurus  Masjid Al-Falah Kawi Kawi Bawah Jakarta Pusat, beliau dikenal sebagai cendekiawan ,ulama dan  aparat penegak hukum (Jaksa) yang tegas,beliau wafat di Jakarta dalam usia 90 tahun lebih dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.
Berbagai peninggalan kebudayaan Islam banyak terdapat di Kemantan, selain itu di Kemantan terdapat Masjid Baitul Ikhsan, Masjid ini pada pada tahun 1995 luluh lantak di guncang gempa bumi, hanya Menara yang selamat dari guncangan gempa bumi, dan pasca gempa bumi Masjid ini dibangun kembali.
Disamping itu di Kemantan juga terdapat Masjid Baitul Ikhlas, Masjid Al Falah dan sebuah Masjid di Kemantan Agung dan di Kemantan  terdapat  3 buah  tabuh  larangan dan makam makam ulama penyebar dan pengembang agama Islam
Disamping bangunan sarana ibadah Masjid  juga terdapat 9 buah Mushalla/Surau, di Kemantan Darat dan 7 unit Mushalla di Kemantan Tinggi. Dan Hingga tahun 2013 di daerah Kemantan terdapat 1 unit sarana pendidikan MIN,1 unit sarana pendidikan MTs.N dan 1 unit sarana pendidikan MAN.
Perkembangan dunia kesenian di Kemantan  berkembang pesat, diantara seni Islam yang berkembang ialah Zikir Rebana, dan daerah Kemantan dikenal desa yang banyak melahirkan Qori / Qoriah tingkat  daerah hingga ke tingkat nasional. Diantara Qoriah yang telah mengharumkan  nama alam Kerinci  tercatat  Dra.  Hj.Nurbaiti  Hasan  dan Milyati ,S.Ag
Mengutip Pernyataan Menteri  Agama RI , bahwa Menteri  Agama  mengingatkan  ASN Kemenag di Provinsi dan Kabupaten/kota merupakan  etalase,  wajah terdepan Kementerian Agama. Sebab, ASN di Provinsi dan kabupaten/kota lah yang berada di tengah masyarakat.
"Saudara semualah dari hari ke hari yang memberikan pelayanan pada masyarakat, agar kualitas keagamaan masyarakat Indonesia semakin meningkat, kualitas pendidikan semakin meningkat, kerukunan semakin membaik, dan kualitas penyelenggaraan ibadah haji semakin baik," kata Menag.
Dikatakan Menag, ASN adalah orang-orang yang mendapat kepercayaan, amanah dari pemerintah untuk menjalankan tugas dan fungsi sehingga kementerian bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Dalam melaksanakan tugas dan amanahnya, negara juga banyak memberikan fasilitas kepada ASN. Karenanya, sudah semestinya ASN memberikan layanan terbaik kepada publik. Orang tua kita mengajarkan kepada kita, untuk mewariskan yang baik. Kalau tidak bisa mewariskan yang lebih baik, setidaknya tidak lebih buruk," tuturnya.
"Di mana pun tugas kita,  apakah  sebagai kepala madrasah, kepala KUA, saya mengajak saudara-saudara agar ketika meninggalkan posisi tersebut, maka tinggalkanlah warisan yang jauh lebih baik,” imbuhnya.
Menag juga mengingatkan kembali tentang pentingnya tanggungjawab dalam pelaksanaan tugas. Menurutnya, setiap aparatur, tanpa terkecuali,  akan dimintai pertanggungjawaban atas semua yang dilakukan, tidak hanya kepada atasan dan rekan sejawat  dalam konteks pekerjaan, tapi juga  kepada Allah Swt.
"Saya ingin semua ASN Kemenag bekerja on the Track sesuai dengan peraturan yang berlaku, supaya tidak ada yang menyimpang, terpengaruh godaan sana-sini. Semua akan dimintai pertanggungjawaban,” tandasnya.
Sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci  mengaku bangga  dengan  upaya yang dilakukan Pimpinan dan segenap aparatur pendidikan di MAN Kemantan Darat yang telah menunjukkan kinerja yang cukup baik, dan sebagai salah satu MAN  tertua  di Propinsi jambi telah menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan
Namun  sejumlah anggota Komite Sekolah dan warga Kemantan berharap agar pihak Kementerian Agama di  pusat dan di derah untuk memperhatikan  dengan sungguh sungguh fasilitas  sarana dan prasarana di MAN  Kemantan Darat ( BJ/Rita)


Posting Komentar Blogger

 
Top